Search Here

Download

Sunday, May 11, 2014

Berakit Rakit Ikut Program Dana Pensiun, Berenang Renang Ke Kebahagian Di Masa Pensiun.

Pensiun, Bni, Dana Pensiun, Masa Tua, Kebahagiaan
Anda masih muda? Pernahkah Anda berpikir atau sekedar mempertimbangkan tentang apa yang akan Anda lakukan ketika Anda sudah tidak produktif  atau dalam masa pensiun? Kalau Anda sama sekali belum pernah membayangkan atau hanya sekedar pernah berpikir sekilas, sekarang mari pikirkan sejenak dengan lebih mendalam tentang hal ini. Kira-kira apa yang ingin Anda lakukan di masa-masa pensiun nanti? Masih mampukah Anda menghidupi keluarga Anda atau bahkan bisakah Anda menghidupi diri Anda sendiri ketika sudah pensiun? 

Beberapa pilihan tersedia sebagai jawaban dari  pertanyaan-pertanyaan di atas. Anda bisa menggunakan tabungan pribadi, meminta dana atau mengharapkan perawatan dari anak (semoga kita membesarkan anak-anak yang berbakti), ikut dana pensiun atau mungkin dengan berinvestasi. Untuk dua pilihan pertama kita tidak bisa memegang kendali sepenuhnya atas kedua hal tersebut dan kedua pilihan ini juga tidak memiliki jaminan yang pasti. Selanjutnya, saya akan mengulas pilihan pilihan tersebut.

Pilihan pertama adalah tabungan. Dalam hal tabungan, kita tidak bisa benar-benar menjamin berapa jumlah uang yang bisa kita tabung sampai pada usia pensiun nanti. Hal ini dikarenakan tidak ada pihak lain yang memiliki otoritas yang mampu mengendalikan Anda untuk tidak mengunakan tabungan tersebut di tengah perjalanan. Sebagai contoh, Anda memiliki kebutuhan mendesak dan mendadak yang membuat  Anda memerlukan tabungan Anda, dalam keadaan seperti ini, saya yakin Anda bisa mengambilnya dengan mudah tanpa ada pihak lain yang mencegah.

Lalu, pilihan kedua adalah Meminta bantuan kepada anak. Untuk pilihan ini akan semakin susah dikendalikan. Tidak ada yang menjamin anak Anda akan selalu menjaga Anda. Mereka akan menikah dan mempunyai keluarga. Ketika mereka sudah berkeluarga maka sudah tentu perhatian anak Anda akan terbagi. Selain itu juga tidak semua orang mempunyai anak bukan? Selain itu, mungkin juga orang tua justru menjadi merasa bersalah dan tidak tega karena merepotkan anaknya (walau sebenarnya orang tua berhak mendapat itu dari anak). Apakah Anda ingin seperti ini? Kita semua tahu jawabannya.

Sekarang kita memiliki sisa dua pilihan lain yaitu ikut program dana pensiun dan investasi. Dua pilihan yang Anda bisa lakukan dengan kendali dan jaminan yang lebih besar jika dibandingkan kedua pilihan pertama tadi. Dua pilihan ini juga bisa Anda persiapkan dari sejak Anda muda atau sedini mungkin. Dalam artikel ini saya akan membahas khusus untuk dana pensiun, sedangkan untuk hal investasi mungkin akan Saya bahas pada artikel berikutnya.

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 1992

Dana Pensiun adalah badan hukum yang mengelola dan menjalankan program yang menjanjikan manfaat pensiun.

Jenis-Jenis Dana Pensiun:

Dana Pensiun Pemberi Kerja adalah Dana Pensiun yang dibentuk oleh orang atau badan yang mempekerjakan karyawan, selaku pendiri, untuk menyelenggarakan Program Pensiun Manfaat Pasti atau Program Pensiun Iuran Pasti, bagi kepentingan sebagian atau seluruh karyawannya sebagai peserta, dan yang menimbulkan kewajiban terhadap Pemberi Kerja.

Dana Pensiun Berdasarkan Keuntungan adalah Dana Pensiun Pemberi Kerja yang menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti, dengan iuran hanya dari pemberi kerja yang didasarkan pada rumus yang dikaitkan dengan keuntungan pemberi kerja.

 Dana Pensiun Lembaga Keuangan adalah Dana Pensiun yang dibentuk oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa untuk menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti bagi perorangan, baik karyawan maupun pekerja mandiri yang terpisah dari Dana Pensiun pemberi kerja bagi karyawan bank atau perusahaan asuransi jiwa yang bersangkutan.

Lalu, bagaimana dan kenapa dana pensiun bisa menjamin hari tua Anda?

Ketika Anda ikut program dana pensiun berarti Anda seperti menabung dan ikut asuransi. Anda membayar  iuran pensiun yang mana hasil dari pembayaran iuran ini akan bisa Anda gunakan dimasa akan datang yang sudah ditentukan. Kemudian, apabila Anda ikut dana pensiun lalu mengalami musibah baik cacat atau pun meninggal dunia, yang mengakibatkan terputusnya pendapatan sebelum memasuki masa pensiun maka manfaat pensiun bisa diberikan kepada Anda.  Dengan kata lain, dengan ikut program dana pensiun berarti Anda sudah menabung, ikut asuransi, dan menjamin masa tua Anda. 

Kita sudah tahu betapa pentingnya ikut program dana pensiun, lalu bagaimana saya bisa ikut dana pensiun?

Saat ini program dana pensiun sudah deterapkan oleh hampir semua entitas pemberi kerja. Apabila Anda PNS (Pegawai Negeri Sipil) maka Anda bisa sedikit lega karena Anda sudah dijamin mendapat dana pensiun oleh pemerintah. Untuk Anda yang menjadi karyawan  perusahaan, Anda perlu menanyakan kepada perusahaan Anda bekerja apakah ada program dana pensiun  dan sudahkah Anda terdaftar. Lalu bagaimana dengan pekerja mandiri, buruh dan pedagang kecil? Jangan khawatir  karena  Anda semua bisa ikut pada program dana pensiun lembaga keuangan.

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa dana pensiun sangat penting bagi kehidupan dan kebahagian Anda di masa pensiun. Jangan sampai Anda kehilangan kebahagiaan Anda di masa senja karena kurang persiapan dan tidak memiliki uang untuk melanjutkan hidup.  Mulailah dari sekarang , saat Anda masih muda. (Perlu diketahui bahwa program dana pensiun bisa diikuti oleh Anda yang berumur minimal 18 tahun atau sudah menikah). Persiapkanlah hari tua Anda sejak masih muda, salah satunya dengan ikut program dana pensiun.

Berakit-rakitlah dahulu dengan ikut dana pensiun dan berenang-renanglah menuju kebahagiaan di hari tua Anda. Semoga artikel ini bisa membantu Anda para pembaca setia blog ini.


http://bit.ly/BNI_Simponi

Referensi:
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 1992

0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More