Search Here

Download

Friday, May 23, 2014

Tips Agar Bahagia Sampai Tua

Untuk sejenak, marilah membayangkan beberapa hal yang akan ada di hari tua Anda. Rumah mewah, keluarga bahagia, dan suara tawa cucu cucu  ataukah  panti jompo, kesendirian dan suara para perawat yang meneriaki Anda untuk makan? Anda tahu jawabannya.

dana pensiun, tabungan, investasi, bahagia di masa tua Pada artikel saya sebelumnya, saya telah menjelaskan beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menjamin hari tua Anda. Tabungan, anak, investasi, dan dana pensiun adalah hal hal tersebut. Saya juga sudah mengingatkan betapa pentingnya dana pensiun bagi usia senja Anda. Pada kesempatan kali ini, saya akan berusaha memberikan beberapa tip menjamin hari tua baik dengan tabungan, dana Pensiun dan investasi.

     1.      Tentukan Apa yang anda ingin lakukan di masa pensiun nanti
Dengan menentukan apa yang ingin anda lakukan Anda bisa memperhitungkan berapa yang perlu kita kumpulkan ketika kita pensiun nanti. Anda bisa menyesuaikan dengan pembayaran program dana pensiun anda. Semakin besar keinginan anda maka anda juga harus meningkatkan jumlah iuran pensiun Anda. Dalam hal ini Anda juga bisa mempertimbangkan Investasi dan menabung.

2.      Persiapkan diri Anda untuk melakukan Investasi
Ketika Anda menginginkan sesuatu yang cukup mewah di hari tua nanti, maka Anda juga harus mempertimbangkan Investasi. Hal ini dikarenakan dana pensiun dan tabungan saja tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda jika keinginan di hari tua Anda cukup mewah.

3.      Pastikan Anda ikut atau diikutkan program dana pensiun
Jika anda PNS maka anda bisa sedikit lega karena anda sudah dijamin. Walaupun begitu, anda bisa tetap ikut dana pensiun Lembaga keuangan  jika anda merasa kurang dengan dana pensiun yang anda dapat dari pemberi kerja. Bagi para karyawan Anda bisa menanyakan kepada pemberi kerja Anda. Sedangkan bagi pekerja mandiri ikut program dana pensiun lembaga keuangan adalah pilihannya.

4.      Ikut program Dana pensiun dan menabunglah sedini mungkin bahkan sejak anda masih muda.
Sesuai dengan undang-undang, Anda bisa ikut program dana pensiun sejak umur 18 tahun atau ketika anda sudah menikah secara sah menurut  hukum negara. Dengan ikut program dana pensiun sejak muda anda bisa mendapat manfaat yang lebih besar. Makin lama Anda menabung makin banyak pula tabungannya.

5.      Besarkan anak anda sehingga mereka menjadi anak yang berbakti. Ini akan menjadi salah satu investasi dan tabungan Anda yang mungkin saja akan sangat berguna.

Sekali lagi saya ingatkan kepada para pembaca setia, satu satu nya yang bisa menjamin hari tua Anda adalah diri Anda sendiri.


0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More