Search Here

Download

Wednesday, April 18, 2012

Sedikit Demi Sedikit Lama-Lama Jadi Bukit

Apabila kita mau mengumpulkan satu rupiah demi satu rupiah maka lama-lama akan menjadi berjuta-juta bahkan bermilyard-milyard. Beginilah kita biasa memaknai pepatah Sedikit Demi Sedikit Lama-Lama Jadi Bukit. Akan tetapi, ada hal lain  dalam pepatah ini yang tidak hanya sekedar memberi contoh tentang hidup hemat. Tersirat dari pepatah tersebut apabila kita mampu mengumpulkan kebaikan dari tindakan-tindakan kecil maka kita akan mendapat kebesaran jiwa dan kita juga akan mampu  menjaga orang di sekitar yang kita cintai. Mulai dari keluarga hingga teman kuliah atau sekolah. Dan diantara hal-hal kecil yang bisa kita lakukan adalah:

Senyum
Percaya atau tidak, dengan sekedar senyuman kita bisa mencairkan kebekuan dalam sebuah hubungan. Dengan senyuman kita bisa memberikan aura positif pada diri kita sendiri dan orang-orang disekitar kita. Dan dengan senyuman juga kita bisa menjadi pencerah suasana dalam sebuah lingkungan, lalu dengan senyuman pula kita telah membuka diri kita untuk lingkungan sekitar kita. Masih ingatkah kapan anda melakukan tindakan kecil ini kepada orang-orang disekitar kita?

Hadir 
Dengan hadir dalam sebuah acara, berarti kita telah menghormati dan membahagiakan orang yang telah mengundang kita. Walaupun mungkin kita kurang pandai dalam hal itu atau kurang suka dengan acara yang ada dalam undangan itu usahakan menghadiri, jangan sampai kita mengecewakan mereka dengan ketidakhadiran kita. Terkecuali undangan itu tidak sesuai dengan norma agama dan sosial maka tolaklah dengan halus. Kehadiran langsung disekitar orang yang mengundang kita tentunya akan membuat mereka lebih bahagia karena mereka akan bisa lebih leluasa mengungkapkan apa yang mereka pikirkan kepada kita.

Mendengar
Walaupun keliatan mudah, mendengar bukanlah hal yang bisa dilakukan begitu saja. Sekedar mendengar itu menjadi susah karena pada dasarnya kita lebih suka didengarkan. Biarkan orang disekitar kita mencurahkan semua isi hatinya ke kita, jangan mencela dan jangan memotong pembicaraannya. Biarkan dia selesei berbicara kemudian berilah saran kepadanya. Tidak perlu saran yang berkelas seperti seorang motivator berilah dia ucapan terimakasih karena itu sudah akan terasa menyenangkan baginya.

Diam
Di dalam diam pun ada kekuatan. Berikan ruang pada orang-orang disekitar kita untuk berbicara. Diam kita akan membahagiakan orang disekitar kita, apalagi jika sehari-hari kita adalah orang yang cerewet dan suka menasehati.

Sapaan yang Ramah
"Selamat pagi teman", dengan sapaan seperti ini ditambah senyuman yang manis maka  orang diketar anda yang mendapat sapaan itu akan merasa bahagia dan senang dengan kehadiran kita. Selain itu, kita pun juga akan menjadi orang berakhlak mulia yang disayangi orang-orang sisekitar kita.

Ucapan Terimakasih
Mengucapkan terimakasih atas setiap bantuan yang telah diberikan orang disekitar anda sudah cukup membuat mereka senang. Tidak perlu kita membayar mereka, cukup melakukan tindakan kecil  yaitu mengucapkan terima kasih dan senyum maka mereka sudah akan bahagia. 

Lalu, bagaimanakah hal-hal kecil diatas bisa mencerminkan kebesaran jiwa pemilikinya? Yaitu apabila hal-hal kecil di atas dilakukan dengan secercah kasih sayang di dalamnya. Mugkin kehadiran, senyuman, diam, sapaan yang ramah, dan ucapan terimakasih adalah hal sepele. Akan tetapi, bila diliputi dengan kasih sayang maka mereka jauh lebih tinggi dari bukit. 



2 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More