Search Here

Download

Saturday, April 7, 2012

Papua itu Indonesia?


Anda Hidup di Pulau Jawa? Apakah kebijakan-kebijakan yang diambil pemerintah sangat terasa oleh anda? Saya yakin anda pasti dengan cepat akan menjawab "YA". Ya, kebijakan pemerintah terasa terlalu terpusat di satu pulau saja yaitu pulau jawa. Saya tidak tau apakah mekanisme nya yang salah atau memang pemerintah sengaja gak terlalu peduli dengan saudara-saudara kita di daerah-daerah terpencil karena mereka gak terlalu penting buat karier politik para pembuat kebijakan. Walaupun begitu, kita berpikir positif saja bahwa kebijakan pemerintah itu gak bisa merata karena faktor lain.

Berkenaan dengan hal itu, akhir-akhir ini sudah terlalu banyak demo terjadi di negeri ini. Mereka semua menolak kebijakan-kebijakan pemerintah yang dirasa merugikan bagi sebagian mereka tanpa mempeduliakan mereka yang lain. Ya, sebagai contoh adalah kenaikan BBM yang sekarang ini sedang booming di sebagian Indonesia. Bahkan   menghasilkan aksi anarki yang merusak fasilitas-fasilitas umum. Mereka berdalih bahwa dengan kenaikkan BBM maka mereka akan mengalami kesulitan ekonomi. Akan tetapi sadarkah mereka dan juga kita bahwa kenaikkan BBM ini tidak terlalu berpengaruh di Papua dan mungkin daerah-daerah terpencil lain di Indonesia? Ya, itulah kenapa saya tadi menulis bahwa kenaikan BBM  hanya booming di sebagian Indonesia saja. 

Lalu bagaimana dengan saudara-saudara kita di Papua? Apakah mereka gak perlu BBM, kok gak merasa terganggu dengan kenaikkan harga BBM atau mereka gak peduli? Bukan, mereka tidak tergangu bukan karena mereka gak butuh BBM ataupun karena mereka gak perduli. Mereka gak merasa terganggu dengan Kenaikkan BBM karena mereka sudah biasa merasakan mahalnya BBM yang berkisar dari Rp18.000,- - Rp70.000,-. / liter. Lalu masih pantaskah kita marah karena kenaikkan harga BBM setelah mengetahui fakta tersebut?  Apakah mereka dan Papua bukan indonesia? Tentu kita semua tau jawabannya.

Dalam hal ini saya tidak sedang menyalahkan siapa-siapa, tetapi lebih memberi gambaran atau pencerahan pada kita semua. Okelah, kita bisa protes jika itu menyengsarakan kita, tapi apakah benar juga ketika kita mencari kebaikan untuk kita tanpa memikirkan keadaan orang lain? 
Sejujurnya mengenai masalah ini saya juga belum bisa berbuat apa-apa. Walaupun saya gak demo dan gak merusak fasilitas umum tapi saya juga belum bisa merubah kenyataan bahwa saudara kita di Papua masih kekurangan BBM. Akan tetapi, suatu saat nanti dan somehow saya yakin kita bisa merubah keaadaan ini menjadi lebih baik. Untuk membuat itu semua jadi kenyataan kita mulai dari yang kecil-kecil dulu yaitu dengan memperbaiki diri kita terlebih dahulu. Fighting!!!!!!

Untuk Direnungkan : Bumi ini menjadi tempat yang berbahaya untuk didiami bukan karena orang-orangnya jahat tapi karena orang-orangnya gak Peduli (Albert Einstein)


0 comments:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More