Search Here

Download

Sunday, April 22, 2012

Wanita (Antara Mulia dan Neraka)


Wanita? Makhluk mulia diantara makhluk mulia yang akan menjadi penghuni surga atau malah neraka? Untuk menunjukkan betapa mulia nya wanita, saya akan hadirkan bukti secara islam yang menyatakan betapa mulianya wanita itu.


"Sesungguhnya dunia seluruhnya adalah benda (perhiasan) dan sebaik-baik benda (perhiasan) adalah wanita (isteri) yang sholehah." (HR. Muslim)



"Seseorang datang menghadap Rasulullah SAW dan bertanya: Siapakah manusia yang paling berhak untuk aku pergauli dengan baik? Rasulullah SAW. menjawab: Ibumu. Dia bertanya lagi: Kemudian siapa? Rasulullah SAW. menjawab: Kemudian ibumu. Dia bertanya lagi: Kemudian siapa? Rasulullah SAW. menjawab: Kemudian ibumu. Dia bertanya lagi: Kemudian siapa? Rasulullah SAW. menjawab lagi: Kemudian ayahmu." (Shahih Muslim No.4621)

"Apabila seorang isteri telah mendirikan sholat lima waktu dan berpuasa bulan Ramadhan dan memelihara kehormatannya dan mentaati suaminya, maka diucapkan kepadanya: Masuklah Surga dari pintu surga mana saja yang kamu kehendaki."
(Riwayat Ahmad dan Thabrani)

Tersirat dari hadits pertama bahwa kemulian wanita adalah yang paling utama di dunia ini. Begitupula di hadits kedua,  betapa dihormatinya seorang malaikat penjaga yang sering kita panggil ibu di mata agama islam. Ibu pantas kita hormati 3x derajatnya karena jasa beliau telah mengandung , mengasuh dan membesarkan anak-anaknya dengan tulus dan ikhlas.

Wanita yang mulia adalah wanita yang cantik. Cantik bukan karena paras, tetapi cantik karena akhlaknya. Untuk membentuk bibir yang menawan, ucapkanlah kata-kata kebaikan. Untuk mendapatkan mata yang indah, carilah kebaikan pada setiap orang  yang anda jumpai. Untuk mendapatkan bentuk badan yang langsing, bagikanlah makanan dengan mereka yang kelaparan. Untuk mendapatkan rambut yang indah, mintalah seorang anak kecil untuk menyisirnya  dengan jemarinya setiap hari. Untuk mendapatkan sikap tubuh yang indah, berjalanlah dengan segala ilmu pengetahuan, dan anda tidak akan pernah berjalan sendirian pada jalan kekeliruan.

Kalau kata Peter Parker “Great Power Comes With Great Responsibility” atau kekuatan/kistimewaan/kemuliaan itu datang dengan tanggung jawab yang besar. Kata bijak ini berlaku juga untuk wanita. Walaupun mereka adalah makhluk yang mulia tapi mereka jugalah yang akan banyak menghuni neraka. Sebagaimana penjelasan Rasulullah SAW:

“Telah ditampakkan kepadaku isis neraka, maka aku melihat paling banyak penghuninya adalah kaum wanita. Tidak ada perkara yang menyebabkan mereka masuk neraka, kecuali banyaknya ma’shiyat yang di lakukan terhadap suaminya”. (HR. Muslim dengan Sanad Shahih)

Sudah selayaknya bagi seorang wanita untuk tahu kepada siapa mereka harus hormat, kepada siapa mereka harus menunjukkan kecantikkannya dan kepada siapa mereka harus patuh. Jangan sia-siakan kemuliaan kalian wahai wanita-wanita muslimah dan jangan pula kalian masuk neraka karena ketidak tahuan kalian akan kemulian kalian. Sungguh, aku sangat menghormati semua wanita itu seperti ibuku, aku menyayangi semua wanita sebagai calon istriku kelak, dan aku menghormati engkau sebagai saudaraku sesama muslim.

Sumber: Dari berbagai sumber dan sedikit imajinasi saya. 

1 comments:

This comment has been removed by the author.

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More